Trik dan Cara Telepon Gratis ke Luar Negeri

Berkaitan dengan artikel ini tentang keyboard laptop yang bermasalah, aku sampai salah masukin password berkali-kali. Yang bikin sebel adalah gara-gara itu akun digital workspace kerjaanku jadi beku dan harus telepon ke Australia untuk minta dibukakan akunnya lagi. Mending ya kalau teleponnya bebas pulsa, lah yang ini telepon kantor biasa yang berbayar. 

Aku dikasih tahu bisa beli paket Telkomsel untuk telepon ke sana. Aku coba tuh, Rp 3500 untuk lima menit telepon. Ketika ditelepon, lama nggak diangkat sama CS-nya. Mungkin lagi antri kali ya, sebab yang kedengaran itu suara operator melulu. Mana suaranya nggak jelas, padahal sinyal bagus. Parahnya logat bahasa Inggris orang Australia itu agak aneh dan susah dimengerti, hehe. Jadilah lima menit terbuang percuma karena nggak tersambung ke CS-nya. Lah, terus gimana dong? Beli paket telepon lagi? Kalau nggak kesambung lagi gimana? Pikiranku sudah melayang-layang mencari cara. Kalau bisa sih yang gratisan, hehe. Jadilah aku pergi ke Google. Tapi kebanyakan isinya absurd bagiku dan banyak juga yang menyarankan pakai aplikasi seperti WhatsApp. Masalahnya, nomor tujuan haruslah nomor telepon genggam dan pakai aplikasi itu juga. Nomor yang aku tuju kan nomor kantor. Cari-cari terus dan akhirnya nemu tulisan ini

Tulisan itu tentang cara telepon dengan biaya 'murah' pakai Skype ke luar negeri. Bagi sobat 'missqueen' sepertiku, walaupun kelihatannya memang 'murah' tapi tetap saja mahal bagiku hahaha. Sekilas itu bukan tulisan yang aku butuhkan. Tapi kemudian aku putuskan untuk iseng buka Skype, ingin tahu tarif ke Australia walau sudah pasti aku nggak akan membeli paket teleponnya. 

Karena sudah punya akun Skype, maka tinggal login. 


Setelah login akan masuk ke halaman muka. Bisa dilihat kalau lewat Skype kita bisa menelepon siapapun walau mereka tidak pakai Skype (baik nomor ponsel atau telepon kabel biasa). Di sebelah kiri, pilih 'View all subscriptions'.

Setelah itu akan muncul halaman baru. Cari negara tujuan yang diinginkan. Disini aku pakai contoh Australia. Dari beberapa pilihan berlangganan, pilih salah satu yang diinginkan. Nah, jika diperhatikan, ada tulisan 'Try free for a month'. Itulah yang aku maksud. Waktu itu, aku mikir: "Oh, ada free trial-nya? Boleh nih dicoba!"


Setelah di klik, akan diarahkan ke beberapa pilihan. Tentu saja pilih '1-month free trial' lalu klik Continue.

Isi billing address, lalu Continue. Pilih cara pembayaran (salah satunya bisa pakai kartu debit), isi, klik Start free trial.

Perlu diperhatikan kalau tidak ingin memperpanjang berlangganan, cancel langganan tiga hari sebelum tiba periode berlangganan selanjutnya. Contohnya, jika mulai berlangganan tanggal 9 Juni, maka cancel sebelum tanggal 5 Juli. 

Saranku sih, bagi yang cuma niat pakai free trial tanpa ingin perpanjang berlangganan, lebih baik tulis tanggal berapa akan cancel plan karena dari Skype sendiri tidak memberi pengingat kalau masa free trial kita hampir habis. Jadi daripada kelupaan dan saldo kesedot, mending tulis sendiri pengingat di kertas, tulis dengan huruf besar, lalu tempel di dinding. Hihihi.


Mulai Menelepon

Di sebelah pojok kanan atas, klik panah di samping nama, kemudian pilih 'Use Skype online'. Kita juga bisa unduh dan pakai aplikasinya untuk mulai menelepon.

Cara Pertama: Setelah masuk halaman untuk mulai menelepon, klik Calls -> New Call (jika belum pernah menelepon nomor yang dituju sebelumnya). Akan muncul semacam kotak dialog. Dari situ bisa dimasukkan nomor telepon yang dituju setelah sebelumnya klik 'Dial pad'. Setelah itu klik Call.


Cara Kedua: Setelah masuk halaman untuk mulai menelepon, klik Contacts. Jika nomor yang dituju belum disimpan, maka klik New Contact. 


Ada tiga cara menambah kontak. Kalau di contohku yang ingin menambah nomor telepon biasa, maka pilih 'Add a phone number'. Isi data yang diperlukan, klik Save. Kontak sudah tersimpan, bisa dilihat di My Contacts. Pilih nama kontak, klik. Di pojok kanan atas, bagian Audio Call, klik. Sudah bisa telepon, deh!


Kualitas Suara

Berbeda sekali dengan kualitas suara paket telepon dari Telkomsel, telepon pakai Skype ini suaranya jernih sekali. Sama sekali nggak ada gangguan dan tidak ada delay saat mengobrol, padahal yah, ini cuma free trial (tidak seperti WhatsApp Call/Video yang suka delay, padahal sama-sama pakai WiFi). Tapi memang seheharusnya begitu sih, agar orang jadi tertarik untuk perpanjang paket berbayar. 


Kekurangan
Aku coba telepon ke dua nomor Australia yang berbeda, namun yang satunya bisa, yang satunya tidak bisa. Tidak tahu kenapa. Untuk nomor yang tidak bisa dihubungi, dia memang tidak bisa pakai free trial itu. Harus berbayar. Padahal di keterangan paketnya tertulis bisa untuk menelepon ponsel dan telepon biasa, tapi kok tidak bisa, ya? By the way, untuk yang nomor itu aku sudah coba pakai paket Telkomsel juga tapi malah tidak bisa tersambung. Mungkin nomornya salah atau tidak aktif? Atau aku saja yang katrok, ada sesuatu yang tidak kuketahui? Hihi. 


Secara keseluruhan, layanan dari Skype ini bagus banget. Sebab selain untuk instant messaging, dia juga bisa untuk telepon ke nomor biasa, ya seperti telepon lah fungsinya. Kualitas suaranya juga bagus banget. 

Komentar

Postingan Populer